Rabu, 18 Mei 2011

RPP PKn 5 SD BERKARAKTER

RENCANA PEMBELAJARAN

Sekolah : SD Negeri 2 Sidomulyo
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas / Semester : V/II
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit

Standar Kompetensi**
4. Menghargai keputusan bersama.

Kompetensi Dasar
4.1 Mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama.

A. Tujuan Pembelajaran
 Siswa dapat menjelaskan definisi keputusan bersama.
 Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk keputusan bersama.
 Siswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat.

 Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani (courage ), Integritas ( integrity ), Peduli (caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )

B. Materi Ajar
 Pengertian keputusan bersama.
 Bentuk-bentuk keputusan bersama.
 Kemauan bermusyawarah untuk mufakat.

C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
 Pendekatan Kontekstual.
 Pendekatan Mastery Learning.
 Diskusi dengan teman sebangku.
 Tanya jawab.
 Ceramah.
 Penugasan.

D. Langkah-langkah Kegiatan
 Kegiatan Awal (10 menit)
 Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
 Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
 Guru bertanya kepada siswa tentang peraturan yang beraku di rumah dan telah ditetapkan oleh oangtua, misalnya jam pulang sekolah, tugas menyiram bunga, dan tanggung jawab memberi makan hewan peliharaan.
 Kegiatan Inti (50 menit)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengertian keputusan bersama, bentuk-bentuk keputusan bersama, dan musyawarah untuk mufakat.
 Siswa menuliskan pemahamannya tentang definisi keputusan bersama pada secarik kertas, lalu mengumpulkannya kepada guru.
 Seorang siswa membacakan semua definisi yang ditulis teman, lalu semua siswa membahasnya bersama guru.
 Siswa dan guru membuat generalisasi definisi keputusan bersama berdasarkan definisi yang telah dibuat oleh tiap siswa.
 Siswa menyebutkan jenis-jenis keputusan bersama, dan guru menuliskannya di papan tulis.
 Siswa maju ke depan kelas satu per satu, lalu menuliskan satu manfaat tentang musyawarah dan mufakat.
 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
 memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
 memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
 memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
 memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
 memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
 memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
 Kegiatan Penutup (10 menit)
Dalam kegiatan penutup, guru:
 Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
 Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
 Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.


E. Sumber/Bahan Belajar
 Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan BSE Pusat Perbukuan Nasional Departemen Pendidikan Nasional)
 Orang tua.
 Teman.

F. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal
 Memahami definisi keputusan bersama.
 Memahami bentuk-bentuk keputusan bersama.
 Memahami prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat.  Tugas individu.


 Penilaian lisan.
 Penilaian sikap.
 Penilaian unjuk kerja  Mengapa keputusan bersama dianggap penting?

G. Format Kriteria Penilaian
 PRODUK ( hasil diskusi )
No. Aspek Kriteria Skor
1. Konsep * semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah 4
3
2
1

 PERFORMANSI
No. Aspek Kriteria Skor
1.



2. Pengetahuan



Sikap * Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap 4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No Nama Siswa Performan Produk Jumlah Skor Nilai
Penge-tahuan Sikap
1 Ailul Umayah
2 Badrul Huda
3 Bagas Prasetyo
4 Deni Juliansyah
5 Elya Maeliza
6 Laela Aniyatul Ahida
7 Feni Indah Rosita
8 Monik Agustina
9 M. Iqbal Tajudin
10 M. Royan Soib
11 Rizky Alwifiyan
12 Rio Rizkyawan
13 Sulton Aziz
14 M. Saifudin
15 Wahyudi
16 Aditia Febriana
17 Asrul Fauzaki
18 Adi Darmawan
19 Dimas Aulia
20 Febri Prihantoro

CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.


Teman Sejawat


ANDRIANSYAH, S.Pd.
NIP 19851216 201101 1 004 Sidomulyo, 27-04-2011
Guru Mapel PKn


M A R I A
NIM 819 007 286

Mengetahui
Kepala Sekolah


ZAINAL ABIDIN, S.Pd.
NIP 19680318 199103 1 004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar