ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 1
(APKG – PKP 1)
LEMBAR PENILAIAN
KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN 1)
NAMA GURU/MAHASISWA N I M TEMPAT MENGAJAR KELAS MATA PELAJARAN WAKTU TANGGAL | : : : : : : : | MARIA 819 007 286 SD NEGERI 2 SIDOMULYO V (LIMA) IPA 2 X 35 Menit 05 Mei 2011 |
PETUNJUK
Baca dengan cermat rencana perbaikan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa ketika mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir peniulaian di bawah ini :
1. | Menentukan bahan perbaikan pembelajaran | ||||||||||
dan merumuskan tujuan/indicator pembelajaran | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||||||
1.1 Menggunakan bahan perbaikan | |||||||||||
pembelajaran Yang sesuai dengan kurilulum | |||||||||||
dan masalah Yang diperbaiki | |||||||||||
1.2 Merumuskan tujuan khusus/indicator per- | |||||||||||
Baikan pembelajaran | |||||||||||
Rata-rata butir 1 = A | |||||||||||
2. | Mengembangkan dan mengorganisasikan materi | ||||||||||
Materi, media (alat Bantu pembelajaran), dan | |||||||||||
Sumber belajar | |||||||||||
2.1 Mengembangkan dan mengorganisasikan | |||||||||||
Materi pembelajaran | |||||||||||
2.2 Menentukan dan mengembangkan alat | |||||||||||
Bantu Perbaikan pembelajaran | |||||||||||
2.3 Memilih sumber belajar | |||||||||||
Rata-rata butir 2 = B | |||||||||||
3. | Merencanakan scenario perbaikan pembelajaran | ||||||||||
3.1 Menentukan jenis kegiatan perbaikan | |||||||||||
Pembelajaran | |||||||||||
3.2 Menyusun langkah-langkah perbaikan | |||||||||||
Pembelajaran | |||||||||||
3.3 Menentukan alokasi waktu perbaikan | |||||||||||
pembelajaran | |||||||||||
3.4 Menentukan cara-cara memotivasi | |||||||||||
siswa | |||||||||||
3.5 Menyiapkan pertanyaan | |||||||||||
Rata-rata butir 3 = C |
4. | Merancang pengelolaan kelas perbaikan | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||||||||
pembelajaran | ||||||||||||||
4.1 Menentukan penataan ruang dan fasilitas | ||||||||||||||
belajar | ||||||||||||||
4.2 Menentukan cara-cara pengorganisasian | ||||||||||||||
Siswa agar siswa dapat berpatisipasi dalam | ||||||||||||||
Perbaikan pembelajaran | ||||||||||||||
Rata-rata butir 4 = D | ||||||||||||||
5. | Merencanakan prosedur, jenis, dan menyiapkan | |||||||||||||
Alat penilaian perbaikan pembelajaran | ||||||||||||||
5.1 Menentukan prosedur dan | ||||||||||||||
jenis penilaian | ||||||||||||||
5.2 Membuat alat-alat penilaian dan | ||||||||||||||
Kunci jawaban | ||||||||||||||
Rata-rata butir 5 = E | ||||||||||||||
6. | Tampilan dokumen rencana perbaikan | |||||||||||||
Pembelajaran | ||||||||||||||
6.1 Kebersihan dan kerapihan | ||||||||||||||
6.2 Penggunaan bahasa tulis | ||||||||||||||
Rata-rata butir 6 = F | ||||||||||||||
Nilai APKG 1 + R R = A+B+C+D+E+F = 6 | ||||||||||||||
Bandungbaru, 05 Mei 2011 | ||||||||||||||
Pembimbing/Penguji | ||||||||||||||
| ||||||||||||||