RPP BAHASA INDONESIA 6 MI MIFTAHUL ULUM WARINGINSARI BARAT

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   MI Miftahul Ulum Waringinsari
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              :   6/ Pertama
Standar Kompetansi   :   2. Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu                          :   2 X 35 menit

BERBICARA
A.    Kompetensi Dasar
2.2  Menanggapi ( memuji, mengkritik) sesuatu  hal disertai alas an yang jelas dengan menggunakan bahasa yang santun

B.     Tujuan Pembelajaran**         
§  Siswa dapat Memperagakan  percakapan  bersama teman
§  Siswa dapat Membuat  kalimat  pujian
§  Siswa dapat Membuat percakapan sederhana  dengan menggunakan kalimat pujian
§  Siswa dapat Memperagakan percakapan yang     telah dibuat

v Karakter siswa yang diharapkan :    Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok
§  Kalimat pujian

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal        :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang kalimat pujian yang pernah diucapkan atau didengarnya
§  Kegiatan Inti           :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyampaikan informasi penting secara lisan   

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan wawancara bersama teman
F Menycatat informasi penting dalam wawancara tersebut
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Menyusun kalimat pujian

E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat  memperagakan perca-kapan  bersama teman
·  Siswa dapat membuat kalimat pujian
·  Siswa dapat membuat percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat pujian
·  Siswa dapat memperagakan percakapan  yang telah dibuat

Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Buatlah beberapa kalimat pujian !








FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


Mengetahui
Kepala Madrasah



Dra. ETIEK JUKHAENI
NIP -

Waringinsari Barat,       Juli 2011
Guru Mata Pelajaran




Drs. KABUL RIFAI, S.Pd.
NIP 19660718 200501 1 001