RPP IPA SD KELAS V BERKARAKTER

RENCANA PEMBELAJARAN

Sekolah                                  :    SD Negeri 02 Sidomulyo
Mata Pelajaran                    :    Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester                  :    V/ 2
Materi Pokok                       :    Cahaya dan Sifat-Sifatnya
Waktu                                     :    2 x 35 menit (1 X pertemuan)
Metode                                  :    Ceramah interaktif  dan praktek

A.      Standar Kompetensi              :
6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model

B.      Kompetensi Dasar
6.1 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya

C.      Tujuan Pembelajaran**:
o   Siswa dapat Memahami peta konsep tentang cahaya
o   Siswa dapat Menyebutkan sifat cahaya :
o   Siswa dapat Memahami sifat cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung.
& Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian                ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian                 ( carefulness)

D.      Materi Essensial
Sifat Cahaya
o   Cahaya merambat lurus
o   Cahaya menembus benda bening
o   Cahaya dapat dipantulkan
o   Cahaya dapat dibiaskan
o   Cahaya putih terdiri dari berbagai warna
Antara cahaya dan penglihatan saling berhubungan
o   Benda dapat dilihat karena benda memantulkan cahaya
o   Alat-alat optik membantu penglihatan

E.       Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas V
o   Karton tebal, tiga potong kayu penjepit yang seragam, gunting, pelubang, lampu senter, gelas bening, gelas berwarna, kaleng, batu, karton, potongan triplek, plastik bening, dua botol bening, air jernih, air berlumpur/keruh.

F.       Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat Memahami peta konsep tentang cahaya
F  Memahami bahwa cahaya merambat lurus
F  Memahami bahwa cahaya menembus benda bening
F  Memahami definisi benda bening
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(60 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan bahwa
-       Berkas cahaya merambat lurus
-       Cahaya dapat menembus benda-benda bening

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah


G.     Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap).
o  Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung (cembung atau cekung).
o  Menunjukkan contoh peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan.
o  Menunjukkan bukti bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna.
o  Memberikan contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari.

Tugas Individu dan Kelompok



Laporan dan unjuk kerja


Uraian Objektif



o  Jelaskanlah sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap).
o  Jelaskanlah sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung (cembung atau cekung).
o  Sebutkanlah contoh peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan.
o  Jelaskanlah bukti bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna.
o  Sebutkanlah contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari.



FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Penge-
tahuan
Praktek
Sikap
1
Ailul Umayah






2
Badrul Huda






3
Bagas Prasetyo






4
Deni Juliansyah






5
Elya Maeliza






6
Laela Aniyatul Ahida






7
Feni Indah Rosita






8
Monik Agustina






9
M. Iqbal Tajudin






10
M. Royan Soib






11
Rizky Alwifiyan






12
Rio Rizkyawan






13
Sulton Aziz






14
M. Saifudin






15
Wahyudi






16
Aditia Febriana






17
Asrul Fauzaki






18
Adi Darmawan






19
Dimas Aulia






20
Febri Prihantoro







  CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.


Teman Sejawat



ANDRIANSYAH, S.Pd.
NIP 19851216 201101 1 004

Sidomulyo, 28 April 2011
Guru Mata Pelajaran



M A R I A
NIM 819 007 286


Mengetahui
Kepala SD Negeri 02 Sidomulyo



ZAINAL ABIDIN, S.Pd.
NIP 19680318 199103 1 004