RENCANA PEMBELAJARAN
Sekolah : SD Negeri 02 Sidomulyo
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : V/ 2
Materi Pokok : Cahaya dan Sifat-Sifatnya
Waktu : 2 x 35 menit (1 X pertemuan)
Metode : Ceramah interaktif dan praktek
A. Standar Kompetensi :
6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model
B. Kompetensi Dasar
6.1 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
C. Tujuan Pembelajaran**:
o Siswa dapat Memahami peta konsep tentang cahaya
o Siswa dapat Menyebutkan sifat cahaya :
o Siswa dapat Memahami sifat cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung.
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D. Materi Essensial
Sifat Cahaya
o Cahaya merambat lurus
o Cahaya menembus benda bening
o Cahaya dapat dipantulkan
o Cahaya dapat dibiaskan
o Cahaya putih terdiri dari berbagai warna
Antara cahaya dan penglihatan saling berhubungan
o Benda dapat dilihat karena benda memantulkan cahaya
o Alat-alat optik membantu penglihatan
E. Media Belajar
o Buku SAINS SD Relevan Kelas V
o Karton tebal, tiga potong kayu penjepit yang seragam, gunting, pelubang, lampu senter, gelas bening, gelas berwarna, kaleng, batu, karton, potongan triplek, plastik bening, dua botol bening, air jernih, air berlumpur/keruh.
F. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Apersepsi dan Motivasi : o Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) |
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang cahaya F Memahami bahwa cahaya merambat lurus F Memahami bahwa cahaya menembus benda bening F Memahami definisi benda bening F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; F Melakukan kegiatan & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan | (60 menit) |
o Memberikan kesimpulan bahwa - Berkas cahaya merambat lurus - Cahaya dapat menembus benda-benda bening | (5 menit) |
– | |
G. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap). o Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung (cembung atau cekung). o Menunjukkan contoh peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan. o Menunjukkan bukti bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna. o Memberikan contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari. | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan dan unjuk kerja Uraian Objektif | o Jelaskanlah sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap). o Jelaskanlah sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung (cembung atau cekung). o Sebutkanlah contoh peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan. o Jelaskanlah bukti bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna. o Sebutkanlah contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari. |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Penge- tahuan | Praktek | Sikap | |||||
1 | Ailul Umayah | | | | | | |
2 | Badrul Huda | | | | | | |
3 | Bagas Prasetyo | | | | | | |
4 | Deni Juliansyah | | | | | | |
5 | Elya Maeliza | | | | | | |
6 | Laela Aniyatul Ahida | | | | | | |
7 | Feni Indah Rosita | | | | | | |
8 | Monik Agustina | | | | | | |
9 | M. Iqbal Tajudin | | | | | | |
10 | M. Royan Soib | | | | | | |
11 | Rizky Alwifiyan | | | | | | |
12 | Rio Rizkyawan | | | | | | |
13 | Sulton Aziz | | | | | | |
14 | M. Saifudin | | | | | | |
15 | Wahyudi | | | | | | |
16 | Aditia Febriana | | | | | | |
17 | Asrul Fauzaki | | | | | | |
18 | Adi Darmawan | | | | | | |
19 | Dimas Aulia | | | | | | |
20 | Febri Prihantoro | | | | | | |
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Teman Sejawat ANDRIANSYAH, S.Pd. NIP 19851216 201101 1 004 | | Sidomulyo, 28 April 2011 Guru Mata Pelajaran M A R I A NIM 819 007 286 | ||
| ||||
Mengetahui Kepala SD Negeri 02 Sidomulyo ZAINAL ABIDIN, S.Pd. NIP 19680318 199103 1 004 | ||||