RPP BERKARAKTER MI MIFTAHUL ULUM WARINGINSARI BARAT KELAS VI BAHASA INDONESIA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   MI Miftahul Ulum Waringinsari
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Standar Kompetansi :1.        Mendengarkan
                                          Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                          :   2 X 35 menit

MENDENGARKAN
A.    Kompetensi Dasar
1.2       Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema ,amanat,dari cerita anak yang dibacakan.

B.     Tujuan Pembelajaran**         
§  Siswa dapat Mendengarkan cerita anak
§  Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesua dengan cerita yang didengar
§  Siswa dapat Menentukan  tokoh dan sifat tokoh cerita
§  Siswa dapat Menentukan latar cerita
§  Siswa dapat Menceritakan  kembali cerita   yang didengar

v Karakter siswa yang diharapkan :    Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok
§  Cerita anak

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal            :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang cerita anak yang pernah dibaca atau didengar
§  Kegiatan Inti   :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan cerita anak       
F Menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita yang didengar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita
F Menentukan latar  cerita
F Menceritakan kembali cerita yang didengar
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Membaca  buku cerita anak

E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat mendengarkan cerita anak
·  Siswa dapat menjawab             pertanyaan sesuai dengan cerita yang didengar
·  Siswa dapat menentukan  tokoh dan sifat tokoh cerita
·  Siswa dapat menentukan latar cerita
·  Siswa dapat menceritakan kembali cerita yang didengar
Lisan
Tertulis
Penugasan
Uraian
·  Jawablah             pertanyaan sesuai dengan cerita yang didengar!


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1